Kamis, 17 September 2020

Kelas 5 Al Islam Inspiring school of Muhammadiyah

 

Pesan pokok dalam surat Al Ghasyiyah

Surat . Al Ghasiyah  terdiri atas 26  ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan  sesudah  surat  Adz Dzaariat . Nama “ Al Ghaasiyah” diambil dari perkataan ‘Al Ghaasiyah , yang terdapat pada ayat pertama. yang berarti “ Peristiwa yang dahsyat”. Maksudnya adalah hari Kiamat surat ini adalah surat yang kerap dibaca Nabi pada shalat Hari-hari Raya dan shalat Jum’at.

Pokok-pokok isi kandungan surat Al Ghaasiyah yaitu ;  keterangan tentang orang-orang kafir pada hari kiamatdan azab yang dijatuhkan atas mereka ; keterangan tentang orang-orang yang beriman  serta keadaan surga yang diberikan kepada mereka sebagai balasan ; perintah untuk memperhatikan keajaiban ciptaan –ciptaan Allah ; perintah kepada Rasulullah SAW untuk memperingatkan kaumnya kepada ayat-ayat Allah karena beliau adalah seorang pemberi peringatan. Dan bukanlah seorang yang berkuasa atas keimanan mereka.

Tugas : Hafalkan surat Al Ghasyiyah dan salinlah beserta artinya dikertas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...