Rabu, 29 Juli 2020

Materi Al Islam Kelas 5 (pelajaran 3)





Materi kelas 5 (Pembelajaran 3)




AKHLAQ (Meneladani kisah-kisah Nabi)
A. Nabi Nuh AS
Nabi Nuh AS adalah seorang nabi dan rasul. Beliau termasuk golongan nabi dan rasul yang mendapat gelar ulul azmi. Ulul azmi adalah rasul atau nabi yang mempunyai ketabahan dan kesabaran luar biasa. Nama nabi nuh adalah Nuh bin Lamak, nabi nuh berdakwah pada kaumnya selama 950 tahun. Dalam masanya nabi nuh mendapatkan banyak pengikut. Periode nabi nuh adalah 3993-3043 SM. Beliau diutus oleh Allah untuk menyampaikan risalah kenabian di selatan Irak terhadap bangsa Armenia atau Bani Rasib. Beliau wafat di Mekkah dan dalam riwayat Al Quran terdapat sebanyak 43 kali.
Nabi nuh tetap besabar menghadapi kaumnya yang tidak mau mengikuti dakwahnya. Beliau tetap mengajak dengan cara yang baik dan lemah lembut kepada kaumnya agar meninggalkan sesembahannya yaitu berhala-berhala yang mereka buat sendiri.yang mengikuti ajaran nabi nuh adalah dari fakir miskin. Orang-orang kaya eggan mengikuti ajaran nabi nuh. Termasuk istri dan anaknya menentang dakwah nabi nuh.
Pada akhirnya Allah memerintahkan nabi nuh untuk membuat perahu yang besar. Nabi nuh dan pengikutnya membuat perahu yang besar, hal tersebut diisyaratkan oleh Allah karena akan ada badai yang amat besar sebagai balasan dan ujian keimanan umat nabi nuh kala itu.

B. Nabi Sulaiman AS
Kelebihan nabi sulaiman dan nabi daud yaitu berupa ilmu pengetahuan mengenai perundang-undangan dan hokum.
Dalam Al Quran surat An Naml ayat 15, Allah SWT berfirman yang artinya:
“ Dan Sesungguhnya kami telah memberikan ilmu kepada Daud dan Sulaiman, dan keduanya mengucapkan Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan Hamba-hambanya yang beriman”
Nabi sulaiman adalah satu-satunya putra daud, yang mewarisi ayahnya sebagai nabi dan mewarisi tahta kerajaan. Salah satu mukjizat nabi sulaiman adalah dapat mengerti Bahasa binatang. Pada suatu ketika nabi sulaiman dan tentaranya menaiki kuda. Ketika itu ada semut yang berjalan didepannya. Semut tersebut berkata Hai semut,lihatlah itu tentara sulaiman berjalan ke arah kamu, maka bersegerahlah kamu sembunyi ke lubang-lubang agar tidak terkena bala tentaranya. Mendengarkan hal tersebut nabi sulaiman mengehentikan pasukannya dan menyusuruh semut tersebut untuk sembunyi ke lubang – lubangnya. Ada kelebihan nikmat yang Allah berikan kepada nabi sulaiman antara lain:
a. Sulaiman telah diberi kekuasaan dan kekuatan atas angin. Dengan perintahnya ia dapat meniup angin itu tertiup yang ia kehendaki.
b. Sulaiman dapat menundukan setan-setan untuk mengabdi kepadaNya. Diantara setan-setan itu ada yang ahli bangunan untuk mrmbangun benteng yang kokoh dan pertahanan yang kuat.
Keteladanan yang dapat kita contoh dari kisah nabi sulaiman adalah keendahan hati beliau, tidak sombong, saling menghormati antar sesame, baik kepada sesame manusia, binatang dan tumbuh – tumbuhan. Nabi sulaiman wafat tidak diketahui seorang pun hanya rayap – rayap yang memakan tongkat nabi sulaiman yang memberitahu. Artinya tongkat yang dibuat sandaran nabi sulaiman telah dimakan rayap, ketika tidak ada keseimbangan maka nabi sulaiman terjatuh  ke tanah.

C. Nabi Musa dan Nabi Khidir
Ada beberapa hal yang dapat kita ambil dari nabi tesebut antara lain, Nabi khidir melubangi perahu. Agar perahu itu tidak dapat berlayar karena ditengah laut terdapat bajak laut yang akan merampok, sebab perahu tersebut dimiliki orang miskin yang pekerjaannya mencari ikan di laut. Nabi khidir membunuh anak kecil. Tiba – tiba nabi khidir membunuh anak kecil yang tidak bersalah, hikmahnya anak yang dibunuh oleh nabi khidir adalah anak seorang mukmin dan mukminat yang ketika dewasa anak tersebut menjadi durhaka yang akan menyebabkan orang tuanya masuk neraka. Menegakan dinding tanpa dibayar. Hikmahnya dinding yang didirikan itu adalah milik seorang yatim dan di bawah dinding rumahnya tesimpan harta mereka berdua. Karena ayahnya seorang yang shalih.
Keberanian dan ketegasan nabi Musa serta kegigihannya dalam menegakan agama Allah perilaku yang patut kita contoh. Kelebihan bukan suaru hal yang dapat digunakan untuk kesombongan dan kecongakan. Karena tidak ada kekuatan dan daya upaya melaikan Allah SWT.
Tugas :
A. Membaca ringkasan materi diatas dan menjawab beberapa soal di bawah.
1. Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Ulul Azmi?
2. Jelaskan kelebihan nabi sulaiman yang tertera pada Al Quran!
3. Jelaskan tentang nabi musa dan nabi khidir!
Jawaban silahkan di tulis di buku Al Islam dan dikumpulkan di Guru kelas.
B. Mengirim foto sholat subuh. (bentuk foto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...