Sabtu, 25 Juli 2020

Materi Kelas 5 (Pelajaran 2) Al Islam


Pelajaran 2
Aqidah
A. Tanda – tanda orang beriman
1. Apabila disebut nama Allah maka hatinya akan bergetar. Sesungguhnya asma Allah merupakan nama dari asmaul husna. 
2. Apabila dibacakan ayat-ayatnya maka akan bertambah
3. Kepada Allah lah mereka bertawakkal, tawakal yaitu menyerahkan diri segala urusan kepada Allah tidak ada daya dan upaya selain kekuatan Allah SWT. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berikhtiar nan berdoa selanjutnya segala irusan apapun kita pasrahkan kepada Allah yang maha segalaNya. 
4. Melaksanakan Shala. Sholat secara bahasa adalah doa. Shalat merupakan tiang agama, menegakan sholat berarti membangun sebuah pondasi agama. Seorang muslim wajib hukumnya untuk shalat. 
5. Menginfakan sebagian rezeki yang telah diberikan Allah. 
Infak adalah memberikan sebagian rezeki yang kita miliki kepada yang berhak yaitu seperti fakir dan miskin. Dengan memberikan sebagian rezeki yang kita miliki. 

B. Contoh perilaku orang beriman
      Contoh orang-orang beriman terletak pada Al quran surat An Nisa' ayat 59
"Hai orang - orang yang beriman, taatilah Allah dan RasulNya dan Ulil Amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah dan RasulNya (Alquran dan Sunnah/Hadits), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian yang demikian itu lebih utama(bagimu)  dan lebih baik. (An Nisa' : 59)
Dalam kehidupan sehari - hari, kita senantiasa dihadapkan dengan permasalahan atau perselisihan. Maksut ayat diatas adalah jika sesuatu hukum ditetapkan dan pada saat itu juga tidak ada penegak hukum/Hakim, maka sesungguhnya permasalahan tersebut harus kita kembalikan pada Allah SWT. 
       
C. Memelihara keimanan

Iman adalah mutiara hati manusia. Iman seseorang sangat bernilai harganya sehingga keimanan itu tidak dapat terbeli dengan apapun. Pernah kita memdengar cerita Masyitoh, perempuan yang ditugaskan menyisir rambut Fir’aun yang bernama asiyah. Suatu ketika sisirnya jatuh dan ia mengucapkan kalimat tayyibah. Maka terkwjutlah asiyah istri Firaun, kemudian mengadukan pada suaminya. Masyitah ditanya kenapa tidak menyembah firaun? Masyitah menjawab aku menyembah hanya kepada Allah Yang Maha Kuasa Firaun terkejut, dan ia menawarkan kedudukan serta harta berlimah pada Masyitoh jika ia mau menyembah dan mengikiti Firaun, akan tetapi keteguhan iman Masyitoh ia pun menolak dan tetap berkeyakinan pada Allah SWT. 
Ada beberapa cara menjaga keimanan kita antra lain:
1. Selalu mendekatkan diri pada Allah
2. Mengenal Allah dengan segala sifatnya
3. Membaca dan mengkaji Alquran
4. Memperbanyak perbuatan baik
5. Meninggalkan segala bentuk kemaksiatan
6. Bergaul dengan orang beriman
7. Menciptakan lingkungan yang islami

Tugas :
1. Tulislah surat An Nisa’ ayat 59 dan Artinya (buku Al Islam) 
2. Shalat 5 waktu (video)
3. Sebutkan tanda-tanda orang beriman (buku Al Islam) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...