Rabu, 12 Agustus 2020

Kelas 2 (Inspiring School of Muhammadiyah 03 Tumpang)

 

Aku suka menolong (surat Al Maun)

 

alt=bismillahirohmanirohim v:shapes="_x0000_i1025">

·         اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِ

1. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

·         فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَ

2. Maka itulah orang yang menghardik anak yatim,

·         وَلَا يَحُضُّ عَلٰي طَعَامِ الْمِسْكِيْنِ

3. dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.

·         فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَ

4. Maka celakalah orang yang shalat,

·         الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَ

5. (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap shalatnya,

·         الَّذِيْنَ هُمْ يُرَاۤءُوْنَ

6. yang berbuat ria,

·         وَيَمْنَعُوْنَ الْمَاعُوْنَ

7. dan enggan (memberikan) bantuan.

 

 

 

Dalam surah Al-Ma’un dijelaskan bahwa orang yang mendustakan agama adalah :

  1. Orang yang suka menghardik anak yatim. Menghardik adalah menyakiti, tidak menyakiti, tidak menyayangi, tidak memperhatikan kebutuhan sehari-hari,tidak memperhatikan pendidikannya. Anak yatim adalah anak yang ditinggal wafat olehbnbnsayangi dan rawatlah anak yatim yang ada di sekitarmu

ayahnya. Anak yatim piatu adalah anak yang ditinggal wafat oleh kedua orang tuanya di bawwah umur 11 tahun. Anak yatim sudah tidak mempunyai tempat berkasih sayang, yaitu orang tua. Seharusnya kita merasa ikut prihatin dengan cara menyayangi mereka.

  1. Orang yang tidak mendorong memberi makan orang miskin. Di sekitar rumah kamu pasti ada orang miskin. Apakah kamu sudah memberi bantuan? Seperti halnya anak-anak yatim, orang-oramg miskin juga membutuhkan bantuan. Mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menolong orang miskin akan diberi pahala yang besar oleh Allah SWT dan merupakan akhlak yang baik. Orang ang mendorong atau menganjurkan maksudnya adalah orang yang tidak mau memperhatikan, memberi makan atau memberi bantuan kepada orang miskin. Bahkan sebaliknya, mereka mengumpulkan harta benda untuk kesenangan sendiri, padahal disekitarnya banyak orang yang membutuhkannya.

2393840perhatikan dan berilah bantuan kepada orang miskin yang berada di sekitar kita

  1. Orang yang lalai dalam shalatnya. Apakah kamu termasuk orang ynag sering lalai0953545shutterstock-210450460780x390terlalu asyik menonton juga dapat melalaikan kita dari shalat

dalam shalat? Shalat adalah ibadah yang wajib dikerjakan umat Islam dan termasuk rukun Islam. Orang yang mengulur-ulur waktu shalat juga dianggap lalai, apalagi orang yang mengaku Islam tetapi tidak mengerjakan shalat. Allah swt akan mengancam orang-orang yang shalat tetapi selalu lalai dan tidak khusyu dalam shalatnya, serta orang yang melakukakn shalat karena ingin dipuji oleh orang lain, pamer, dengan memasukkan mereka ke “neraka wail”

  1. Orang yang berbuat riya. Riya adalah melakukan sesuatu bukan karen Allah swt semata tetapi ingin dipuji dan dilihat orang lain. Orang yang riya mengerjakan shalat hanya karena ingin dilihat dan dipuji rang lain, seperti ingin dipuji ayah ibu, kakak adik maupun teman. Shalat harus benar-benar karena Allah swt.
  2. Enggan menolong atau memberikan bantuan. Mempunyai kemampuan baik harta maupun tenaga dan pikiran tetapi tidak mau membantu meaupun menolong orang yang membutuhkan termasuk salah satu ciri pendusta agama. Oleh karena itu selagi kita mampu, bantulah orang yang ada disekitar kita. 

Tugas :
1. Melafalkan surat Al Maun
2. Menyalin Surat Al Maun dan artinya di buku Al Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...