Kamis, 20 Agustus 2020

kelas 3 Inspiring school Muhammadiyah 03 Tumpang

 

Materi Kelas 3 (Al Mahfudzot) المحفظات

Inspiring school of Muhammadiyah 03 Tumpang

 

اذاصدق العزم وضح السبيل

(Idzaa shodaqa al azmuu wa dhokha assabiilu)

Artinya: “Jika benar kemauannya, niscaya terbukalah jalannya”

Penjelasan :

Syair arab atau yang sering kita kenal dengan mahfudzot, dalam bahasa indonesia dapat disebut seperti puisi atau kata bijak. Muncul bermula ketika zaman nabi Muhammad SAW karena pada masa tersebut salah satu kehebatan orang arab adalah bidang tafsir dan syair. Nabi datang dengan memiliki mukjizat Al quran pada hakikatnya untuk melemahkan syair – syair yang ingin menyerupai Al quran. Ada salah satu syair diatas yang dapat dijadikan motivasi dalam kita belajar, yaitu jika benar kemauannya jadi menata niat dalam hati dan ikhlas untuk berbuat segala sesuatu maka akan dibukakan jalan oleh Allah.

 

ثمرة التفريط الندامة وثمرة الحزم السلامة

(Tsamratu atTafriiti anNadaamatu waaTsamratul khazmu Assalaamatu)

Artinya: “Buah lengah itu penyesalan dan buah cermat/teliti itu keselamatan)”

Penjelasan :

Sebagai seorang murid harus memenuhi beberapa kewajiban diantaranya adalah berbakti pada Allah dan rasulNya dengan menjalankan hal-hal yang diperintahkannya dan berbakti pada orang tua karena kebaktian kita adalah salah satu kesuksesan hidup dalam dunia maupun akhirat. Siapa yang lengah dan main – main dalam berbuat pastilah akan menyesal dan siapa yang sungguh – sungguh maka akan berhasil.

Tugas :

1.      Bacakan dua kata – kata bijak/ Mahfudzot diatas beserta artinya. (rekaman suara)

 

 

مع النجح

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...