Kamis, 27 Agustus 2020

kelas 3 Inspiring school of Muhammadiyah 03 Tumpang

 

Materi kelas 3 Inspiring school of Muhammadiyah 03 Tumpang

Makna Surat Al Qoriah sebagai bentuk keimanan kita terhadap hari akhir

Surat Al qoriah yang kita mengenal dengan hari pembalasan atau hari akhir merupakan satu surat isyarat atau pesan pengantar yang disampaikan oleh Allah untuk seluruh manusia. Adapun beberapa tafsir secara umum menuliskan dengan se detail mungkin diantaranya:

1.      Ayat pertama dan kedua menggambarkan tentang kengerian dan ketakutan akan hari akhir tersebut.

2.      Pada ayat ketiga merupakan pertanyaan Allah pada manusia yang diawali dengan Tahukah kamu apa hari kiamat itu?

3.      Dan pada ayat ke empat sesungguhnya adalah jawaban atas Allah pada manusia, dengan mengatakan sesungguhnya pada hari itu manusia seperti anai-anai atau cacing yang dilembutkan dan dihamburkan sehingga pada hari itu manusia benar – benar kebingungan.

4.      Allah menggambarkan gunung – gunung seperti roti bolu yang dilemparkan kesana kemari dan adapun orang yang berat timbangannya amal kebaikan lebih berat dari amal keburukan maka ia berada dalam hidup yang memuaskan.

5.      Adapun orang yang berat keburukan dalam timbangannya maka ia dilemparkan ke dalam api neraka.

 

Poin diatas merupakan gambaran umum dari surat Al qoriah yang mengkisahkan tentang gambaran hari kiamat. Sesungguhnya firman Allah adalah benar –benar terjadi, maka sebagai pelajar muslim kita harus senantiasa mengamalkan dan menyakini ajaran islam dengan baik.

 

Tugas : menyalin surat al qoriah di kertas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...