Selasa, 04 Agustus 2020

Materi Al Islam Kelas 3 (Pembelajaran 3)

Pelajaran 3

Pentingnya hidup sederhana

A.    Mengambil hikmah surat At Takasur (Bermegah – megahan)

Surat at Takasur terdiri dari 8 ayat, termasuk golongan surah – surah Makiyah, diturunkan sesudah surah al Kautsar. Kandungannya adalah keinginan manusia untuk bermegah –megahan dalam soal duniawi, sering melalaikan manusia dari tujuannya (kehidupan). Dia baru menyadari kesalahannya setelah maut mendatanginya, manusia akan ditanya di akhirat tentang nikmat yang dibangga-banggakannya itu.

 

B.     Sikap Mandiri, Percaya Diri dan Tanggung jawab

1.      Sikap Mandiri

Sikap mandiri berarti kemampuan seseorang yang melakukan tanggung jawabnya tanpa membenani orang lain.

2.      Sikap Percaya Diri

Percaya diri adalah keyakinan terhadap kemampuan yang ada dalam diri sendiri. Percaya diri itu tumbuh dengan berlatih. Oleh karena itu, harus ditumbuhkan dan dirawat dengan baik.

3.      Sikap Tanggung jawab

Tanggung jawab adalah sikap yang senantiasa melakukan segala aktivitas dalam bentuk kesadaran. Sebagai pelajar sikap tanggung jawab kalian yang utama adalah belajar. Disamping itu kalian mempunyai sikap tanggung jawab baik tanggung jawab di sekolah, di rumah maupun di lingkungan sekitar (masyarakat).

 

C.     Mukjizat – mukjizat Rasul Ulul Azmi

Ketika berdakwah Allah memberikan mukjizat kepada rasul Ulul Azmi sebagai senjata untuk menghadapi orang – orang yang menghalang-halangi dan membuktikan kebesaran Allah SWT.

Mukjizat adalah kelebihan yang dimiliki oleh orang – orang pilihan Allah untuk melemahkan musuh – musuh Allah SWT. Berikut salah satu contoh Rasul yang bergelar Ulul Azmi beserta kelebihannya:

1.      Nabi Nuh AS

Suatu saat nabi nuh diperintahkan oleh Allah SWT untuk membuat kapal yang besar, karena akan terjadi banjir besar. Membuat kapal adalah salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT. Kaum nabi nuh tidak percaya dengan hal tersebut karena pada saat itu terjadi kemarau panjang dan tidak mungkin akan terjadi banjir besar.

2.      Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim mendapatkan sebutan sebagai Abul Anbiya’ yang artinya bapak dai nabi – nabi.

Nabi Ibrahim sangat sabar dalam berdakwah menjalankan perintah Allah SWT. Beliau mempunyai sifat keteladanan luar biasa. Suatu ketika nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhala milik raja namrud, mendengarkan hal tersebut akhirnya raja namrud menghukum nabi Ibrahim dengan membakar nabi Ibrahim hidup – hidup. Akan tetapi Allah berkendak lain dan memberikan mukjizat kepada beliau dengan tidak mempan jika dibakar.

3.      Nabi Musa AS

Allah memerintahkan nabi musa berdakwah kepada bani israil, yaitu bangsa yang terkenal cerdas tetapi suka membangkang. Ketabahan nabi musa terlihat ketika beliau menghadapi raja firaun yang dzalim. Beliau mempunyai mukjizat ketika tongkat dilemparkan ke tanah maka akan berubah menjadi ular. Tongkat inilah yang digunakan oleh nabi musa untuk membelah laut merah ketika terjadi kepungan pasukan firaun yang akhirnya nabi musa selamat beserta pasukannya sedangkan firaun dan bala tentaranya tenggelam di laut. Istilah itu yang kita kenal dengan laut merah.

4.      Nabi Isa AS

Ketabahan nabi isa sangat luar biasa. Bahkan ketika bayi pun beliau mendapat hinaan dari bangsa israil karena lahir dari Maryam yang tanpa mempunyai suami (bapak). Nabi isa yang baru lahir bisa menjelaskan bahwa beliau merupakan utusan Allah SWT. Ketika berdakwah kepada kaumnya beliau diminta dengan berbagai permintaan. Mukjizat beliau adalah dapat menghidupkan orang yang sudah mati, membuat tanah, menyembuhkan penyakit buta dan menyembuhkan orang yang terkena kusta. Semua hal tersebut hanyalah untuk membuktikan pada kaumnya tentang kebesaran Allah SWT.

5.      Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad adalah rasul yang paling tinggi kedudukannya diantara rasul yang lain. Karena beliau adalah rasul terakhir yang ajaran berliau berlaku hingga akhir zaman. Nabi Muhammad diberi mukjizat oleh Allah ketika berdakwah  diantaranya dapat membelah bulan, melakukan perjalanan isra’ miraj dalam waktu semalam dan masih banyak lagi. Akan tetapi mukjizat terbesar yang diberikan oleh Allah kepada beliau adalah Al Quran.

 

Tugas         :

1.      Melafalkan surat at Takasur (video)

2.      Menjawab pertanyaan dibawah ini:

a.       Apa yang dimaksud dengan Mukjizat?

b.      Sebutkan nama – nama rasul yang termasuk Ulul Azmi.

c.       Sebutkan mukjizat Nabi Muhammad.

d.      Apa yang dimaksud sikap mandiri, tanggung jawab dan percaya diri.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...