Kamis, 17 September 2020

Kelas 1 Al Islam Inspiring school of Muhammadiyah

 

Mencermati Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah dan cara membacanya penting untuk dikenali dan dipelajari sebab umat muslim sangat membutuhkannya. Hal itu dikarenakan huruf di dalam Alquran menggunakan huruf hijaiyah, dan membaca Alquran wajib hukumnya dipahami oleh setiap muslim karena dalam menunaikan ibadah salat, umat Islam tentunya harus membaca surat-surat pendek yang terdapat di dalam Alquran. Belajar membaca Alquran perlu dilakukan sejak dini karena banyak aturan pelafalan yang berbeda dengan bahasa kita. Bahkan apabila seseorang lama tidak membaca Alquran dan berhenti belajar, maka kemungkinan akan lupa dengan pelafalan huruf dan hukum bacaan tertentu. Huruf hijaiyah adalah huruf alfabet yang berasal dari Arab.

Huruf hijaiyah dan cara bacanya memiliki aturan urutan yang berbeda dengan terminologi abjad. Walaupun Alquran diturunkan dengan huruf hijaiyah bukan berarti hanya ditujukan oleh orang-orang Arab saja, tetapi bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Huruf hijaiyah sendiri adalah huruf abjad yang berasal dari Arab.Huruf hijaiyah memiliki aturan urutan yang berbeda dengan terminologi abjad. Abjad Arab ditulis dari arah kanan ke kiri bergaya kursif dan terdiri dari 28 huruf.Huruf Hijaiyah dan cara membacanya yang baik dan benar sangat penting dipelajari sebelum melanjutkanya pada Alquran.Selain itu, dalam mempelajari huruf hijaiyah dan cara membacanya, Anda harus berlandaskan dengan niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT supaya dimudahkan.Huruf hijaiyah dan cara membacanya yang benar memiliki total huruf sebanyak 28 buah. Berikut huruf hijaiyah dan cara membacanya:



Tugas : Tuliskan huruf - huruf hijaiyah di kertas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...