TEMA 2 : PERSATUAN DAN PERBEDAAN
Sub Tema 1-3
1. |
Berikut ini manfaat menerapkan nilai
persatuan, kecuali .... |
|
|||
|
a. |
Menciptakan kedamaian |
|
||
|
b. |
Tidak terjadi perselisihan |
|
||
|
c. |
Hidup menjadi aman |
|
||
|
d. |
Mengurangi rasa percaya |
|
||
|
|||||
2. |
Masyarakat saling menghormati dan menghargai
perbedaan satu sama lain. Berarti masyarakat menerapkan sikap .... |
|
|||
|
a. |
peduli |
|
||
|
b. |
toleransi |
|
||
|
c. |
egois |
|
||
|
d. |
menang sendiri |
|
||
|
|||||
3. |
Uni sering memperhatikan keadaan
tetangganya. Saat tetangganya butuh bantuan, ia segera membantu. Uni
menunjukkan sikap .... |
|
|||
|
a. |
peduli |
|
||
|
b. |
toleransi |
|
||
|
c. |
sombong |
|
||
|
d. |
menyenangkan |
|
||
|
|||||
4. |
Perhatikan paragraf berikut! Achmad Soebarjo lahir di Karawang, 23 Maret 1896 dan
wafat pada 15 Desember 1978. Achmad Soebardjo menjabat sebagai Menteri Luar
Negeri Indonesia yang pertama. Achmad Soebardjo merupakan perwakilan dari
golongan tua pada saat proklamasi. Beliau ikut menyusun konsep teks proklamasi
bersama Bung Karno dan Bung Hatta. Pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf tersebut
adalah .... |
|
|||
|
a. |
Mengapa Achmad Soebardjo terpilih sebagai
Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama? |
|
||
|
b. |
Bagaimana peran Achmad Soebardjo saat
menjadi Menteri Luar Negeri? |
|
||
|
c. |
Di mana Achmad Soebardjo meninggal? |
|
||
|
d. |
Apa peran Achmad Soebardjo dalam
mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia? |
|
||
|
|||||
5. |
Perhatikan paragraf berikut! Jepang memang menjanjikan kemerdekaan
bagi Indonesia. Namun, para pemuda menginginkan proklamasi kemerdekaan tidak
dicampuri oleh Jepang. Oleh sebab itu, pemuda memaksa Soekarno untuk segera
memproklamasikan kemerdekaan agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Pemuda ingin
menunjukkan bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan bangsa
Indonesia. Kemerdekaan Indonesia bukan hasil dari pemberian bangsa asing.
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia membuktikan keberhasilan bangsa Indonesia
mengusir penjajah. Informasi penting yang terdapat pada
paragraf tersebut adalah .... |
|
|||
|
a. |
bangsa Indonesia membutuhkan pengakuan dari
bangsa Jepang |
|
||
|
b. |
bangsa Indonesia merupakan bangsa yang
mandiri |
|
||
|
c. |
bangsa Indonesia menginginkan kemerdekaan
dari Jepang |
|
||
|
d. |
bangsa Indonesia lahir dari penjajah Jepang |
|
||
|
|||||
6. |
Perhatikan
paragraf berikut! Proklamasi kemerdekaan Indonesia
tidak didapatkan secara mudah. Untuk memperoleh kemerdekaan dibutuhkan
perjuangan dan pengorbanan. Pada tanggal 9 Agustus 1945, tiga tokoh pejuang
proklamasi, yaitu Bung Karno, Bung Hatta, dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat
pergi ke Dalat, Vietnam. Mereka hendak bertemu dengan Marsekal Terauchi,
panglima besar tentara Jepang di Asia Tenggara. Sesuai paragraf tersebut, mengapa ketiga tokoh pejuang
proklamasi kemerdekaan pergi ke Dalat, Vietnam? |
|
|||
|
a. |
Tiga tokoh pejuang proklamasi, yaitu Bung
Karno, Bung Hatta, dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Vietnam
untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi. |
|
||
|
b. |
Tiga tokoh pejuang proklamasi, yaitu Bung
Karno, Bung Hatta, dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Vietnam
untuk merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. |
|
||
|
c. |
Tiga tokoh pejuang proklamasi, yaitu Bung
Karno, Bung Hatta, dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Vietnam
untuk meminta kemerdekaan kepada Marsekal Terauchi. |
|
||
|
d. |
Tiga tokoh pejuang proklamasi, yaitu Bung
Karno, Bung Hatta, dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Vietnam
untuk berjuang mendapatkan kemerdekaan. |
|
||
|
|||||
7. |
Manfaat ciri khusus pada makhluk hidup
adalah .... |
|
|||
|
a. |
membuat makanan |
|
||
|
b. |
mempertahankan hidup |
|
||
|
c. |
menghasilkan keturunan |
|
||
|
d. |
mempercepat pertumbuhan |
|
||
|
|||||
8. |
Tumbuhan yang menggulungkan daunnya pada
musim kemarau adalah .... |
|
|||
|
a. |
jati |
|
||
|
b. |
jagung |
|
||
|
c. |
cemara |
|
||
|
d. |
putri malu |
|
||
9. |
Kaktus dapat tumbuh di daerah kering karena
.... |
|
|||
|
a. |
bunganya sangat kecil |
|
||
|
b. |
mempunyai banyak duri |
|
||
|
c. |
akarnya panjang |
|
||
|
d. |
batangnya berlapis lilin |
|
||
|
|||||
10. |
Pada akhir bulan Juli 1945, Jepang
menyetujui pemberian kemerdekaan kepada Indonesia pada tanggal .... |
|
|||
|
a. |
16 Agustus 1945 |
|
||
|
b. |
17 Agustus 1945 |
|
||
|
c. |
24 Agustus 1945 |
|
||
|
d. |
7 September 1945 |
|
||
|
|||||
11. |
Barisan pelopor yang menyiapkan tiang
bendera dipimpin oleh .... |
|
|||
|
a. |
Yusuf Kunto |
|
||
|
b. |
Soekarni |
|
||
|
c. |
S. Suhud |
|
||
|
d. |
Wikana |
|
||
|
|||||
12. |
Setelah membacakan naskah proklamasi, Ir.
Soekarno dan Drs. Moh. Hatta mendapatkan gelar ... dari bangsa Indonesia. |
|
|||
|
a. |
orator |
|
||
|
b. |
editor |
|
||
|
c. |
narator |
|
||
|
d. |
proklamator |
|
||
|
|||||
13. |
Pola lantai yang memberikan kesan sederhana,
tetapi kuat yaitu .... |
|
|||
|
a. |
garis lurus |
|
||
|
b. |
garis lengkung |
|
||
|
c. |
pola lingkaran |
|
||
|
d. |
pola angka delapan |
|
||
14. |
Gerakan penari membentuk sebuah bulatan saat
menari, akan membentuk pola lantai .... |
|
|||
|
a. |
vertikal |
|
||
|
b. |
horizontal |
|
||
|
c. |
lingkaran |
|
||
|
d. |
diagonal |
|
||
15. |
Uni memiliki teman dari berbagai daerah.
Manfaat yang bisa didapat Uni adalah .... |
|
|||
|
a. |
dapat berlibur ke berbagai daerah |
|
||
|
b. |
memiliki banyak sumber contekan |
|
||
|
c. |
mengenal adat dan bahasa daerah lain |
|
||
|
d. |
dapat diajak membolos bersama |
|
||
|
|||||
16. |
Persatuan saat bekerja sama dapat dimaknai
berikut, kecuali .... |
|
|||
|
a. |
Menghargai perbedaan pendapat. |
|
||
|
b. |
Menerima hasil keputusan kelompok. |
|
||
|
c. |
Melaksanakan tugas dengan bertanggung jawab. |
|
||
|
d. |
Menhalalkan segala cara untuk mencapai tujuan |
|
||
|
|||||
17. |
... kita teguh, bercerai kita runtuh. |
|
|||
|
a. |
bersama |
|
||
|
b. |
bersatu |
|
||
|
c. |
berdua |
|
||
|
d. |
berjuang |
|
||
|
|||||
|
Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di
bawahnya. Bandung lautan api adalah peristiwa
kebakaran yang terjadi di Kota Bandung. Peristiwa ini terjadi pada 23 Maret
1946. Peristiwa tersebut dilatarbelakangi keinginan untuk mencegah tentara
Sekutu dan NICA Belanda menjadikan Kota Bandung sebagai markas strategi
militer. Dalam waktu tujuh jam, 200 ribu penduduk Bandung membakar rumah dan
meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan Bandung. |
|
|||
18. |
Jawaban yang tepat dari kata tanya mengapa
sesuai teks tersebut adalah .... |
|
|||
|
a. |
Bandung lautan api adalah peristiwa
kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung. |
|
||
|
b. |
Peristiwa Bandung Lautan Api dilakukan oleh
200 ribu penduduk Bandung. |
|
||
|
c. |
Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada 23
Maret 1946. |
|
||
|
d. |
Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi untuk
mencegah tentara Sekutu dan NICA Belanda menjadikan Kota Bandung sebagai
markas strategi militer. |
|
||
|
|||||
19. |
Pertanyaan berikut yang jawabannya tidak
sesuai dengan isi teks adalah .... |
|
|||
|
a. |
Kapan peristiwa Bandung Lautan Api terjadi? |
|
||
|
b. |
Siapa yang memimpin peristiwa Bandung Lautan
Api? |
|
||
|
c. |
Apa yang melatarbelakangi peristiwa Bandung
Lautan Api? |
|
||
|
d. |
Bagaimana terjadinya peristiwa Bandung
Lautan Api? |
|
||
|
|||||
20. |
Perhatikan teks sejarah berikut! Latar belakang para pahlawan
kemerdekaan Indonesia berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda. Perbedaan
tersebut tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah.
Para pahlawan memiliki keahlian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki
kemampuan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula yang memiliki kemampuan
negosiasi atau orasi. Perbedaan keahlian tersebut mereka gunakan untuk tujuan
menggapai kemerdekaan Indonesia. Informasi penting paragraf pada teks
sejarah tersebut adalah .… |
|
|||
|
a. |
perbedaan latar belakang para pahlawan
kemerdekaan |
|
||
|
b. |
tujuan para pahlawan kemerdekaan |
|
||
|
c. |
kemampuan setiap pahlawan kemerdekaan |
|
||
|
d. |
upaya mencapai kemerdekaan Indonesia |
|
||
|
|||||
21. |
Unta memiliki bulu mata yang panjang berguna
untuk .... |
|
|||
|
a. |
mengurangi penguapan |
|
||
|
b. |
melindungi mata dari pasir |
|
||
|
c. |
melindungi hidung dari pasir |
|
||
|
d. |
melindungi mata dari musuh |
|
||
|
|||||
22. |
Bulu bebek tidak akan basah meskipun berada
di air karena .... |
|
|||
|
a. |
bulu tipis |
|
||
|
b. |
bulu sangat tebal |
|
||
|
c. |
berlapis air |
|
||
|
d. |
berlapis minyak |
|
||
23. |
Ciri khusus yang dimiliki hewan sangat
berhubungan dengan .... |
|
|||
|
a. |
cara bergerak |
|
||
|
b. |
tempat hidupnya |
|
||
|
c. |
cara mencari makan |
|
||
|
d. |
cara perkembangbiakan |
|
||
|
|||||
24. |
Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan
contoh perlawanan Indonesia menentang segala bentuk penjajahan dalam rangka
.... |
|
|||
|
a. |
membangun Indonesia merdeka |
|
||
|
b. |
mencapai kemerdekaan Indonesia |
|
||
|
c. |
merebut kemerdekaan republik Indonesia |
|
||
|
d. |
menegakkan dan mempertahankan Indonesia |
|
||
|
|||||
25. |
Untuk mengenang Pertempuran Lima Hari di
Semarang, maka di Semarang didirikan .... |
|
|||
|
a. |
Pasukan Banteng Raiders |
|
||
|
b. |
Ruman Sakit dr. Karyadi |
|
||
|
c. |
Batalyon IV Diponegoro |
|
||
|
d. |
Monumen Tugu Muda |
|
||
|
|||||
26. |
Setelah Agresi Militer Belanda
I, ibu kota negara Indonesia dipindah ke .... |
|
|||
|
a. |
Bandung |
|
||
|
b. |
Semarang |
|
||
|
c. |
Bukittinggi |
|
||
|
d. |
Yogyakarta |
|
||
|
|||||
27. |
Asal daerah tari Indang yaitu .... |
|
|||
|
a. |
Minangkabau, Sumatra Barat |
|
||
|
b. |
Minahasa, Sulawesi Utara |
|
||
|
c. |
Pontianak, Kalimantan Barat |
|
||
|
d. |
Palu, Sulawesi Tengah |
|
||
|
|||||
28. |
Pola lantai tari ada bermacam-macam. Pola
lantai horisontal adalah .... |
|
|||
|
a. |
Lurus ke depan atau ke belakang |
|
||
|
b. |
Lurus ke kanan atau ke kiri |
|
||
|
c. |
membentuk lingkaran |
|
||
|
d. |
lurus menyilang |
|
||
|
|||||
29. |
Gerakan tari Indang yaitu .... |
|
|||
|
a. |
lemah gemulai |
|
||
|
b. |
lemah lembut |
|
||
|
c. |
cepat dan monoton |
|
||
|
d. |
rancak dan dinamis |
|
Halo.saya niswa kls6
BalasHapusokkk siaapppp
BalasHapus