Minggu, 26 Juli 2020

Materi Kelas 1 (Pelajaran 2) Al Islam

Materi Daring (Pelajaran 2)

Syahadat Tauhid dan Syahadat Rasul

A.    Syahadat Tauhid

 

Arti Tauhid adalah mengesakan Allah, Syahadat Tauhid berarti bersaksi Allah satu – satunya Tuhan yang wajib disembah. Secara luas manusia mempunyai kepercayaan bahwa memang tidak ada dzat yang patut disembah melainkan Allah SWT. Proses penciptaan alam semesta ini yang menjadi dasar bahwa Allah SWT maha segalaNya.

 

 

 

 

 

 

 

 

B.     Syahadat Rasul

Arti Syahadat rasul adalah saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Nabi Muhammad adalah nabi kita. Beliau adalah nabi terakhir, beliau adalah pilihan Allah SWT dan beliau adalah orang yang mulia.

Setelah kita mengetahui bahwa syahadat merupakan salah satu rukun iman, disini terdapat sebuah kisah teladan dimana seorang pemuda malu-malu untuk memasuki masjid mungkin baru pertama masuk, saat kakinya menginjakkan karpet bergetarlah dan merindinglah badannya.

Seperti seorang bintang berjalan diatas panggung, jamaah masjid pada melihat dirinya. Seorang ustadz mencoba untuk membimbingnya, mengajarinya dengan mengulang-ulang sebuah kalimat, sehingga pada akhirnya ia dapat mengucapkan dengan sempurna. Mari membaca: Asyhadu an laa ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadan Rasulullah.

Resmilah seorang pemuda itu dikatakan sebagai seorang muslim. Di rumah Allah itu, ia bukan orang asing, melinkan hamba yang datang mengadu. Pada saat itu juga puluhan pasang mata memandangnya. Alhamdulillah, jamaah berebut untuk besalaman dan memeluknya. Jamaah mengatakan kamu beruntung, kamu mendapatkan kebenaran dan yang hadir ini semuanya adalah saudaramu, tapi perlu kamu mengetahui masih banyak yang perlu dipelajari lagi memulai dari sini kamu mengenal agama islam.

 

Rangkuman

·         Arti syahadat adalah persaksian.

·         Syahadat ada dua, syahadat tauhid dan syahadat rasul.

·         Asyhadu an laa ilahaillallah (arti tiada tuhan selain Allah).

·         Arti tauhid pengesaan.

·         Tuhannya oang islam adalah Allah.

·         Wajib disembah yang menciptakan alam semesta dan seisinya.

·         Bunyi syahadat tauhid.

·         Saya besaksi bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah selain Allah.

·         Rasul memiliki sifat yang terpuji.

·         Beliau adalah manusia pilihan.

·         Mendapatkan gelar al amiin.

·         Arti al amin adalah dapat dipercaya.

·         Nabi Muhammad adalah nabi terakhir.

·         Lafadz syahadat rasul “ saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah”

·         Dua kalimat syahadat disebut syahadatain.

 

 

Mengenal Asmaul Husna

Asmaul husna merupakan nama-nama baik Allah. Arti kata asmaul husna adalah nama-nama yang baik. Asmaul husna ini mengacu pada nama-nama, sebutan, gelar, hingga sifat-sifat Allah nama-nama itu juga sangat indah dan baik.

 

Ar Rahman

Arti ar Rahman adalah kasih saying Allah tehadap hambaNya, Allah menciptakan hamba – hambaNya. Memberi rizki dan petunjuk kepada makhluknya. Bahkan bekuasa dimuka bumi sifat kasih sayang Allah akan memunculkan semangat manusia untuk berbuat baik.

 

Ar Rahim

Arti ar Rahim, Allah maha penyayang pesan penyayang Allah sayangnya tiada terbilang disetiap makhluk, setiap makhluknya disayang baik yang beriman maupun tidak beriman tetep disayang oleh Allah, yang telah memberikan alam semesta ini hanya saja berbeda dengan cara Allah menyayangi orang beiman. Seisi alam semesta dimanfaatkan oleh umatnya dan diberikan tanpa pilih kasih.

Sesungguhnya Allah lebih penyayang tehadap hamba – hambaNya dari pada seorang ibu tehadap anak bayinya. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Al Malik

Allah Maha Kuasa

Menciptakan kita semua, menciptakan alam semesta semuanya tunduk kepadaNya kita semua sebagai hamba. Wajib mengabdi pasrah kepadaNya selalu berdoa dan mengharap hidup selamat dunia akhirat. Arti Al Malik adalah Allah Maha Menguasai, Allah maha berkuasa memiliki pesan bahwa Allah memiliki kekuasaan penuh tidak ada kekuasaan apapun yang menghalangi kekuasaanNya untuk menjadi kuasa Allah tidak membutuhkan bantuan siapapun.

Tugas :

1. Melafalkan Asmaul Husna (video)

2. Shalat 5 waktu (video)

3. Menyalin Asmaul Husna minimal 5 dibuku Al Islam 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...