Jumat, 25 September 2020

Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 IPS Inspiring school of Muhammadiyah

 

Mata Pelajaran: IPS

Perubahan Sosial dalam Rangka Modernisasi

Kereta api merupakan salah satu alternative transportasi massal yang digemari saat ini. Beberapa pengamat transportasi menilai bahwa sarana mobilisasi kereta api ini merupakan alat transportasi yang paling aman dan nyaman. Ditemukan kereta api membuat perubahan pada bidang social dan budaya. Perubahan social budaya adalah perubahan yang terjadi pada untsur – unsur social dan unsur – unsur social budaya dalam kehidupan masyarakat.

Perubahan yang terjadi dalam masyarakat merupkan sebuah proses panjang. Proses perubahan pada masyarakat tidak terlepas dari modernisasi. Modernisasi dapat merubah pola kehidupan masyarakat dan modernisasi pula dapat memberikan dampak pada lingkungan masyarakat.

Modernisasi berkaitan erat dengan perkembangan dalam bidang teknologi dan ilmu. Perkembangan ilmu pengetahuan yang cepat akan membawa percepatan dalam bidang teknologi. Sejalan dengan modernisasi dapat mendukung beberapa aspek ilmu pengetahuan, maka masyarakat akan sangat cepat untuk merespon percepatan minat dalam hal ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan sangat cepat dengan adanya proses ilmu pengetahuan. Proses penelitian akan melahirkan banyak hal salah satunya adalah penemuan.

Penemuan merupakan sesuatu aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam belajar, mengkaji sekaligus mempelajari sesuatu hingga menemukan perubahan dan sesuatu yang baru. Terdapat istilah dalam penemuan yaitu alat transportasi.

Alat transportasi adalah alat yang digunakan untuk mengangkut barang oleh berbagai jenis kendaraan dalam bidang teknologi. Transportasi dalam kehidupan manusia mempunyai manfaat yaitu membantu manusia dalam segala aktivitasnya. Diantara manfaat alat transportasi adalah menghemat waktu dalam melaksanakan perjalanan, mengehemat tenaga, menghemat ongkos dan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan.

Kegiatan transportasi mempengaruhi distribusi barang. Kegiatan distribusi barang adalah proses penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Setelah orang menghasilkan barang atau jasa, lalu menjualnya kepada pembeli. Proses pendistribusi barang biasanya menggunakan angkutan darat, laut ataupun udara serta telepon (internet). Orang atau kelompok yang menyebarkan barang disebut distributor.


semoga bermanfaat. dipersiapkan selalu untuk ujian tengah semester. Mudah - mudahan Allah mempermudah setiap langkah untuk meraih berkahNya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...