Jumat, 25 September 2020

Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 PPKn Inspiring school of Muhammadiyah

 

Subtema 3 Ayo, Menjadi Penemu

Mata Pelajaran: PPKn

Tanggung Jawab terhadap Kewajiban

Kereta api merupakan alat transportasi masal yang umumnya terdiri atas lokomotif dan rangkaian kereta atau gerbong. Sebagai pengguna kereta api, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kereta api. Cara yang dapat digunakan adalah dengan menjaga kebersihan ketika kita berada di kereta api dan menggunakan fasilitas kereta api dengan baik. Setelah melakukan kewajiban tersebut, seseorang akan mendapatkan hak dalam menggunakan kereta api, seperti rasa aman dan nyaman.

kewajiban merupakan hal yang harus dilakukan dan dikerjakan. Jika tidak dilaksanakan akan mendapatkan sanksi bagi yang melanggarnya. Sedangkan hak adalah kekuasaan untuk melakukan sesuatu. Namun, kekuasaan tersebut dibatasi oleh undang- undang. Pembatasan ini harus dilakukan agar pelaksanaan hak tidak sampai melanggar hak orang lain. Jadi pelaksanaan hak dan kewajiban harus seimbang.

Kewajiban manusia harus disertai tanggung jawab. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja ataupun tidak disengaja. Tanggung jawab sebagai bentuk perwujudan akan hal seseorang dalam melaksanakan kehidupannya sehari – hari. Tanggung jawab merupakan ciri manusia yang beradab. Manusia menyadari perbuatan baik dan buruk tersebut karena manusia memang mempunyai kesadaran.

Untuk memperoleh rasa tanggung jawab, manusia memerlukan apa yang dinamakan pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video dibawah ini :


silahkan dipersiapkan untuk ujian tengah semester. Semoga sukses anak - anak 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...