Jumat, 23 Oktober 2020

Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 PPKN

 


Sikap keberagaman terhadap ekonomi

        Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda. Manusia memiliki peran - peran penting dalam mewujudkan idealisnya pada suatu tempat, baik dalam masyarakat, keluarga ataupun sekolah. Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda. Kebutuhan yang berbeda inilah yang mempengaruhi keberagaman kegiatan manusia dalam aspeknya.

Contoh dalam keberagaman ekonomi pada manusia, antara lain:

·         saling menghargai dan menghormati kegiatan ekonomi.

·         membayar barang yang sesuai dengan harganya

·         ketika bermain dengan teman tanpa membedakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tuanya.

·         Tidak berprasangka buruk kepada orang yang latar belakang ekonominya berbeda.

·         Tidak mengejek teman yang kurang mampu.

·         Tidak mengistimewakan teman yang kaya menceritakan manfaat kegiatan ekonomi bagi masyarakat.

Setiap orang tua temanmu tentunya memiliki kegiatan ekonomi yang berbeda perbedaan tersebut bukanlah penghalang untuk kita tetap berteman dan bermain bersama Berikut ini adalah contoh menceritakan kondisi ekonomi keluarga kondisi ekonomi keluargaku.

Ayahku adalah seorang arsitek yang bekerja di perusahaan swasta ibuku adalah seorang guru sekolah dasar kondisi ekonomi keluargaku berkecukupan karena kedua orang tuaku Memiliki pekerjaan tetapi semua kebutuhan sehari-hari dan Sekolahku dapat tercukupi kondisi ekonomi keluarga yang berkecukupan tidak membuatku berpuas diri terus mengembangkan kemampuan diri agar siap menghadapi era globalisasi.

Aku ingin meraih pendidikan yang setinggi-tingginya Oleh karena itu aku rajin belajar Ayo lakukan kegiatan bercerita mengenai kegiatan ekonomi keluargamu menghargai keberagaman kegiatan ekonomi Setiap kegiatan ekonomi bermanfaat bagi kesejahteraan sekitar Sikap saling menghargai itu akan memberikan motivasi setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi dengan baik untuk menghadapi perbedaan kemampuan ekonomi kita harus terus berusaha dan mengenali potensi diri kita kembangkan bakat yang dimiliki untuk menutupi kekurangan diri masyarakat yang saling menghargai dan membantu akan menjadi modal untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara sikap menghargai usaha ekonomi orang lain di sekitarmu. 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...