Jumat, 23 Oktober 2020

Kelas 6 Materi Al Islam

 

Dakwah Kullafaur Rasyidin

Perkembangan agama islam berjalan sangat pesat diawali dari zamanRasulullah hingga sekarang ini, setelah rasul wafat islam tidak hanya berhentidisitu saja akan tetapi islam harus tetap berjalan kepemimpinan umat juga harusada yang melanjutkan. Nabi sebagai seorang Rasul utusan Allah swt memangtidak bisa digantikan, akan tetapi kedudukan Nabi sebagai kepala pemerintahantentu saja dapat digantikan.Penerusan pemerintahan dan dakwah islam kemudian berlanjut denganditeruskan oleh para sahabat Rasul, yang kemudian dikenal dengan istilah masakekhalifahan.Kata khalifah sebagaimana disebutkan dalam al-Qamus artinya adalah umat yang melanjutkan generasi umat terdahulu. Sedang al-khalif artinya “orang yang duduk setelahmu”.Pada masa pemerintahan empat khalifah tersebut sangat banyak pelajaran yang dapat di contoh. Pada setiap masa kepemimpinan empat khalifah tersebut,terdapat perbedaan dalam hal kepemimpinannya. Baik ditilik pada sistem pemerintahannya, masalah yang dihadapinya, sikap atau kepribadiannya dan budaya yang dihasilkan dari masing-masing khalifah tersebut.Masa khalifah ini masih mengikuti ajaran-ajaran Nabi, baik dalam pengangkatan pemimpin dengan cara musyawarah dan kepemimpinan yang relative demokratis.Tentu sebagai umat islam hendaknya kita mengetahui serta memahami sejarah perkembangan agama islam, sehingga dengan begitu setidaknya kita dapatmengambil pelajaran pada peristiwa-peristiwa yang terjadi pada sejarah perkembangan islam, agar menjadikan kita lebih bijaksana lagi dalam hal bersikap.

Abu Bakar As-Shidiq

 Nama asli Abu Bakar Ash-Shidiq ialah Abdullah ibn Abi Quhaafah ‘Utsman ibn Umar, yang sanad keturunannya masih bersambung dengan Nabi SAW yaitu pada Ka’ab. Beliau dilahirkan 5 tahun setelah kelahiran Nabi SAW. Pengangkatan Abu Bakar menjadi khalifah dilakukan ataskesepakatan orang Muhajirin dan Anshor lantaran terjadinya kevakumandalam kepemimpinan umat Islam pasca wafatnya Nabi SAW. Orang yang pertama kali membaiat Abu Bakar menjadi khalifah ialah Umar ibnKhatthab kemudian diikuti oleh seluruh orang Muhajirin dan Anshor.

Umar ibn Khatthab

Dilahirkan 13 tahun setelah tahun kelahiran Nabi SAW. Nama asliKhalifah Umar ibn Khatab ibn Nufail ibn Abdil Uzza ibn Rabbah. Beliau juga dijuluki Abu Hafshin yang didapatkan dari Nabi SAW karena Nabimelihat sifat tegas yang dimilikinya. Abu Hafshin adalah julukan bagisinga. Beliau adalah orang pertama yang dijuluki sebagai AmirulMukminin secara luas oleh umat. Kekhalifahan Umar ibn Al Khaththab berlangsung selama 10 tahun, 6 bulan lebih 3 hari. Semenjak tanggal 23Jumadil Akhir 13 hijriyah hingga 26 Dzulhijjah tahun 23 Hijriyah.

 Utsman ibn ‘Affan

‘Utsman ibn ‘Affan adalah seorang saudagar atau pedagang, ia termasuk saudagar yang sukses dan berhasil, beliau terkenal lembut, sabar,tekun dan pemurah. Dengan ketekunan yang dimilikinya serta kemurahanhatinya dalam berdagang, pada usia yang masih muda, ia sudah berdagangdinegeri Syam dan Hirah pada waktu itu negeri Syam masih dijajahkerajaan Romawi, sedangkan Hijrah merupakan jajahan Persia. Dengan pngalaman berdagang, ia memiliki kayaan yang banyak dan sahabat yang banyak. Beliau berasal dari suku Umayyah ibn Abdu Syams ibn Abdu Manaf, dengan nama asli ‘Utsman ibn ‘Affan ibn Abi al-Ash. Sebelum beliau masuk Islam beliau tidak banyak mengetahui tentang Nabi Muhammad SAW, beliau hanya mengetahui tentang beberapa kepribadian Nabi dari perang lain, ia mengetahui bahwa Nabi Muhammad memiliki kejujuran, ia juga mengetahui sedikit tentang kepemimipinan Nabi Muhammad SAW, keinginan beliau bertemu dengan Nabi Muhammad kemudian disampaikan kepada sahabatnya, yaitu Abu Bakar, rumah AbuBakar tidak terlalu jauh dari rumah beliau. Beliau masuk Islam sebelum Nabi SAW masuk ke Darul Arqam. Beliau adalah seorang yang kaya. Beliau menjabat sebagai khalifah sesudah ‘Umar ibn Al Khaththab r.a berdasarkan kesepakatan ahlu syura. Beliau dilahirkan 5 tahun setelahtahun kelahiran Nabi SAW. Beliau terus menjabat khalifah hingga terbunuh sebagai syahid pada bulan Dzulhijah tahun 35 hijriyah dalam usia 90 tahun menurut salah satu pendapat ulama Kekhalifahan beliau berlangsung selama 12 tahun kurang tahun 35 hijriyah hingga 19 Ramadhan tahun 40 hijriyah.

 Ali ibn Abi Thalib

Lahir 32 tahun setelah tahun kelahiran Nabi SAW, beliau merupakan putra dari paman Nabi SAW yang mempunyai nama asli Aliibn Abi Thalib ibn Abdul Mutholib ibn Hasyim. Ali ibn Abi Thalib adalahorang pertama yang masuk Islam dari kalangan anak-anak. Rasulullah

shallallahu ‘alaihi wa sallam menyerahkan kepadanya bendera jihad pada saat perang Khaibar yang dengan perantara perjuangannyalah Allah memenangkan umat Islam dalam pertempuran. Beliau dibai’at sebagai khalifah setelah khalifah ‘Utsman terbunuh. Beliau menjadi khalifah secara syar’i hingga wafat dalam keadaan mati syahid pada bulan Ramadhan tahun 40 hijriyah dalam usia 63 tahun. Kehalifahan Ali berlangsung selama 4 tahun 9 bulan, sejak 19 Dzulhijah 12 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...