Jumat, 23 Oktober 2020

Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 IPS

 

kerjasama negara anggota ASEAN dalam bidang social.

Globalisasi adalah proses masuknya keruang lingkup dunia. Penyebab adanya globalisasi antara lain perkembangan teknologi alat komunikasi dan alat transportasi hal ini memudahkan kerjasama antar negara.

Ciri-ciri globalisasi dapat dilihat, antara lain:

·         Adanya keterbukaan di segala bidang.

·         Meningkatnya perdagangan antar negara.

·         Terjadinya hubungan sosial budaya antar Negara.

·         Terjadinya pola hubungan antar manusia dan antar bangsa.

·         Antar negara saling membantu dalam menyelesaikan masalah faktor kerjasama negara-negara anggota ASEAN.

Faktor yang pertama yaitu sumber daya alam. yang kedua berada dalam wilayah yang sama yaitu Asia Tenggara faktor yang ketiga ilmu pengetahuan dan teknologi kerjasama negara-negara anggota ASEAN dalam bidang sosial kerjasama yang pertama yaitu penanggulangan bencana alam yang kedua meningkatkan kesejahteraan sosial dan pembangunan di negara-negara Asean yang ke-3 melindungi hak-hak dan keadilan sosial penduduk negara-negara ASEAN yang keempat meningkatkan kualitas sarana kesehatan negara-negara ASEAN kerjasama yang kelima yaitu meningkatkan perlindungan sosial kepada seluruh penduduk negara-negara ASEAN.

Kerjasama negara anggota ASEAN dalam bidang budaya kerjasama yang pertama yaitu meningkatkan jumlah tenaga ahli yang mampu menguasai ilmu pengetahuan yang kedua memberikan bantuan untuk meningkatkan kemampuan para ahli dalam mengembangkan sebuah penemuan yang kerjasama dalam meningkatkan kualitas sumber daya agar memiliki daya saing dunia menyelenggarakan SEA Games yang diikuti oleh ASEAN mengenalkan budaya khas masing-masing negara dalam rangka meningkatkan solidaritas masyarakat ASEAN kerjasama dalam bidang budaya berikutnya yaitu melakukan pertukaran pelajar antar negara ASEAN selanjutnya meningkatkan jumlah UKM dalam bidang kebudayaan dan kesenian.

Globalisasi merupakan sebuah dinamika peradaban, yang terjadi meliputi aspek pada pemikiran manusia, teknologi dan budaya. Pada era ini, manusia sebagai makhlik social akan berpindah peran dalam menjalankan kegiatan kemanusiannya. Salah satu contoh pada aspek teknologi. Dengan adanya handphone, kita cukup berkomunikasi walaupun tidak datang ke tempat yang kita tuju. Pada zaman dahulu, kegiatan orang dalam berkomunikasi, ialah melalui tulisan batu, surat menyurat dll. Dengan adanya teknologi di era globalisasi, kegiatan berkomunikasi manusia adalah lebih cepat dibandingkan dengan zaman dahulu.

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Guru dalam Pergeseran Khittah Pendidikan

  Pendidikan merupakan aset berharga bagi kemajuan suatu negara. Sebagaimana telah dikemukakan para ahli bahwa pendidikan merupakan tanggu...